Bappeda Adakan Bimtek Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Tahap 2

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui BAPPEDA telah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Tahap 2 Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan dilaksanakan di Aula Bappeda Senin-rabu(16-18/3/2020).

Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Bapak Jantau, S.Sos., M.M. Tujuan dilakukan kegiatan ini yaitu tersedia dan terwujudnya satu basis Data Geospasial dan Informasi Geospasial yang akurat, terintegras dan terpusat sebagai acuan teknis perencanaan pembangunan yang terukur dan komprehensif serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu.

Bimtek Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Tahap 2 Di Kabupaten Kapuas Hulu bisa terlaksana karena adanya kerjasama antara BAPPEDA Kabupaten Kapuas Hulu dengan CIFOR (Center for International Forestry Research) dan BIG (Badan Informasi Geospasial).

Narasumber Bimtek ini dari BIG (Badan Informasi Geospasial) menyampaikan materi tentang pembinaan dan monitoring kelembagaan simpul jaringan, tata kelola penyelenggaraan informasi geospasial, dan pemanfaatan jaringan informasi geospasial nasional untuk mendukung kebijakan satu peta.

Selain itu, dalam pelatihan tingkat lanjut ini melakukan peningkatan kapasitas dengan pengelolaan data dan informasi geospasial meliputi metadata dan KUGI (Katalog Unsur Geografi Indonesia) menggunakan dekstop GIS.

Narasumber juga menyampaikan materi terkait dengan teknik online mapping dengan menggunakan aplikasi petakita, pelatihan pengelolaan informasi geospasial dan styling hasil petakita di dekstop GIS, serta pelatihan penggunaan dan pemanfaatan geoportal Palapa Kabupaten Kapuas Hulu.


Penutupan Bimbingan Teknis Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Tahap 2 Kabupaten Kapuas Hulu oleh Bapak Budi Prasetiyo, S.T., M.M.

Acara ini ditutup oleh Kepala Bidang Fisik Perencanaan Prasarana Fisik Prasarana dan Pengembangan Wilayah BAPPEDA Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Bapak Budi Prasetiyo, S.T., M.M. (Bappeda)

Dikutip dari Laman Info Kapuas Hulu / BAPPEDA 23 Maret 2020