Bersama Tanggulangi Stunting di Desa Mantan

Bappeda KH – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) serta yayasan Budha Tzu Chi telah melaksanakan beberapa kegiatan penanggulangan stunting. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Mantan Kecamatan Suhaid. “Kegiatan penanggulangan stunting itu dimulai Tanggal 05 April 2019 lalu, kegiatan berupa bhakti sosial penyuluhan pola asuh anak untuk cegah stunting. Kegiatan itu di balai pertemuan Desa Mantan,” papar Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu, Arie Budiwan, Senin 08 April 2019.

Saat Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Stunting Desa Matan

Selain penyuluhan, Tanggal 05 hingga 6 April 2019 itu dilaksanakan pula monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan kegiatan stunting Tahun 2018 di Desa Mantan. “Jadi tahun lalu memang sudah ada kegiatan penanggulangan stunting di Desa Mantan ini dan kami lakukan monev. Kami menghimpun data monev tersebut hingga hari Minggu O7 April 2019 lalu, saat ini masih dihimpun dan diolah,” papar Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu.

Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu menuturkan, banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu yang terlibat dalam kegiatan penanggulangan stunting di Desa Mantan. Selain dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ada pula Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya dan Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kapuas Hulu. “Jadi semua kerjasama sesuai tupoksinya untuk menanggulangi permasalahan stunting di desa Mantan itu,” papar Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu.

Berikutnya, Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu menambahkan, ada juga pembuatan WC atau toilet. Sebanyak 16 warga Desa Mantan yang mendapat bantuan pembuatan WC tersebut. “Pembuatan WC ini merupakan bantuan dari pihak ke tiga,” tutup Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu (Doc. Bidang SAI-DKIS)